oleh

Bangunan Unik di Kota Bandung, Ada Rumah Gurita yang Misterius

Infoberitadunia– Kota Bandung dikenal sebagai kota dengan ragam seni dan budaya yang kaya, salah satu di antaranya adalah wajah Bandung yang berupa arsitektur yang unik. Sehingga keberadaannya memberikan keunikan tersendiri.

Selain itu, gaya arsitekturnya yang unik menjadikan bangunan tersebut tak turut tergilas oleh waktu. Berikut bangunan-bangunan di Kota Bandung yang memiliki keunikan serta cukup ikonik dalam segi bentuk arsitekturnya.

Masjid Imtizaj

Lokasi: Jl. Banceuy no.8, Kota Bandung

Jika biasanya masjid dibangun bergayakan arsitektur-arsitektur dengan nuansa timur tengah atau dengan warna-warna yang cenderung tak terang, Masjid bernama Imtizaj yang terletak di Kota Bandung bertolak belakang dengan itu semua.

Bentuk unik dari arsitektur masjid ini pun dibuat bukan tanpa alasan. Sesuai arti dari namanya, Imtizaj yang berarti pembauran, mulanya masjid ini diperuntukan bagi etnis Tionghoa yang telah mualaf guna membiasakan beribadah. Namun seiring berjalannya waktu, kini publik terkhusus yang beragama Islam bisa ikut menjalankan ibadah di masjid ini

Rumah Gurita 
L
okasi: Jl. Terusan Sukadamai I No.6, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162

Bangunan Rumah Gurita pernah sangat populer pada masanya beberapa tahun silam, karena dikaitkan dengan teori konspirasi ‘Gereja Setan’. Walau demikian isu itu sampai kini tak pernah terbukti kebenarannya.

Adapun hal unik lainnya yang membuat tempat ini semakin ikonik adalah adanya bangunan berbentuk gurita raksasa berwarna hitam tepat di atas rumah berwarna putih tersebut. Dengan ukuran bangunan guritanya yang cukup besar, terlihat beberapa bagian tentakel dari bangunan gurita tersebut seperti menjuntai jatuh mendekap bangunan dari rumah itu sendiri.

Bandung Creative Hub

Lokasi: Jl. Laswi No.7, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Bangunan yang satu ini dapat terbilang paling baru dibanding bangunan-bangunan yang disebutkan sebelumnya. Bandung Creative Hub (BCH) didirikan pada tanggal 28 Desember pada tahun 2017 sebagai wadah tempat berkumpulnya komunitas kreatif yang ada di Kota Bandung.

Di luar fungsinya tersebut, bangunan ini secara kasatmata memiliki bentuk arsitektur bangunan yang unik dan cukup menarik. Bentuk-bentuk yang menempel pada permukaan luar bangunan hingga pemilihan warna-warna yang cerah, menjadikan bangunan ini ikonik menarik penglihatan.

Dalam kajian yang dilakukan oleh Alfi Istiqomah Kusuma Putri dan Muchlisiniyati Safeyah disebutkan pula bahwa aspek estetika pada bangunan BCH memiliki karakteristik yang atraktif sebagaimana representasi identitas Bandung sebagai kota yang kreatif.

The Maj Dago

Lokasi: Jl. Ir H. Juanda No.474

Melihat bangunan dengan bentuk melengkung menyerupai paru-paru tentu sudah tak asing lagi bagi warga Kota Bandung. Bangunan yang kini terbengkalai kosong dan tak jelas fungsinya ini mulanya diniatkan untuk menjadi hunian vertikal. Namun karena terjadi berbagai permasalahan baik internal hingga masalah perizinan membuat bangunan ini pada akhirnya tak pernah beroperasi.

Meski demikian, bangunan ini masih menjadi salah satu bangunan yang unik sekaligus ikonik di Kota Bandung. Beberapa orang lebih akrab menyebutnya sebagai Gedung paru-paru karena bentuknya yang menyerupai paru-paru. Selain itu, bangunan ini juga menjadi ikonik sebab terlihat seperti menjadi satu-satunya bangunan yang menjulang di Kawasan dataran tinggi Dago Kota Bandung

Gedung Villa Isola

Lokasi: Jl. Setia Budi no.244, Kota Bandung

Gedung Villa Isola yang saat ini difungsikan sebagai kantor Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ialah bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang pertama kali mulai dibangun pada tahun 1933. Meski terhitung telah cukup tua berdiri, bangunan berwarna putih ini masih menjadi bangunan yang ikonik dan menarik perhatian di dalam lingkungan kampus UPI.

Salah satu penyebabnya adalah karena bentuk arsitektur Isola yang unik. Gedung ini dirancang berarsitektur modern dengan beberapa sentuhan tradisional berupa arsitektur jawa. Bahkan beberapa kajian menyebutkan bahwa bentuk arsitektur isola menyerupai geladak kapal pesiar. Hal itu tentunya menambah keunikan dari bangunan ini.