oleh

Viral Warung Seblak Buka Lowongan untuk 20 Orang

-Viral-178 Dilihat

Viral Warung Seblak Buka Lowongan untuk 20 Orang, Pemiliknya Kaget Didatangi Ratusan Pelamar

Infoberitadunia.com – Saat ini, mencari pekerjaan di Indonesia bisa menjadi tantangan besar. Salah satu bukti kesulitan ini terlihat dalam sebuah video viral tentang sebuah warung seblak di Ciamis, Jawa Barat, yang membuka lowongan kerja.

Video ini dibagikan oleh akun TikTok @bangsatria_98 pada 18 Mei 2024. Pemilik akun tersebut, Satria, adalah pemilik warung seblak itu. Ia mengumumkan bahwa ia membutuhkan 20 karyawan untuk usahanya.

Tak diduga, pengumuman lowongan tersebut langsung menarik perhatian banyak pelamar. Dalam video terlihat ratusan orang mengantre, mengenakan pakaian hitam putih dan membawa map cokelat berisi berkas lamaran.

Para pelamar berbaris rapi hingga panjang ke belakang. Siapa sangka sebuah warung seblak bisa mendapatkan begitu banyak pelamar? “Kami butuh 20 orang makanya berani buka walk-in interview,” ujar Satria dalam unggahannya. Meskipun proses seleksinya tidak dijelaskan secara rinci, dalam video terlihat pelamar dipanggil satu per satu ke dalam ruangan.

Pelamar juga disediakan air minum dan makanan ringan sambil mengisi formulir pendaftaran dan menunggu giliran wawancara. Perlu diketahui, usaha kuliner seperti warung seblak termasuk kategori UMKM, sehingga status kerja tidak sebaik karyawan di perusahaan besar. Menurut kanal Bisnis, karyawan UMKM dikategorikan sebagai pekerja informal.

Video yang menunjukkan ramainya pelamar di warung seblak itu menjadi viral dan menarik perhatian banyak warganet. Unggahan ini dibagikan ulang di berbagai akun media sosial lainnya.

Banyak warganet yang mengingatkan anak muda yang sudah bekerja untuk berpikir dua kali sebelum resign, serta menyentil para politisi, termasuk presiden dan wakil presiden terpilih, agar bisa memberikan solusi atas masalah ini. Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 1,4 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.400 komentar.